No image available for this title

Teks

Ahkamul Fuqaha, Solusi Problematika Aktual Hukum Islam, Keputusan Muktamar, Munas dan Konbes Nahdlatul Ulama (1926-1999M)



Bahtsul Masail al-Diniyyah adalah salah satu forum diskusi keagamaan dalam organisasi NU untuk merespon dan memberikan solusi atas problematika aktual yang muncul dalam kehidupan masyarakat, yang tidak saja meliputi persoalan hukum halal-haram melainkan juga hal-hal yang bersifat pengembangan keislaman dan kajian kitab, sehingga kalau selama ini Bahtsul Masail di NU hanya menyangkut masalah waqi’iyyah, kini telah di perluas dengan Bahtsul Masail secara maudhu’iyyah.

Dalam buku ini muncul kesan kuat bahwa para ulama NU lebih mengutamakan otoritas keahlian seseorang literatur yang di perolehnya, dari pada memmeneliti kecenderungan madzabnya. Karena itu, ulama NU tidak mempersoalkan para pemiki sekaliber syaikh muthi’I, Makhluf, Abdul Qadir Audah, Yusuf Musa, dan lain-lain, untuk dirujuk kitabnya.

Atas penerbitan buku himpunan Bahtsul Masail yang menyajikan solusi problematika Aktual Hukum Islam di lingkungan NU dari hasil keputusan Muktamar, Musyawarah nasional dan Konferensi Besar NU sejak tahun 1926 M. sampai dengan 1999 M. ini, saya menyambut positif, apalagi sember rujukan yang di hasikan dasar keputusan di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia, sehingga bis fi mengerti secara luas. Lebih dari itu dengan penerbitan buku ini bisa di manfaatkan sebagai bahan bacaan, literature yang dapat membuka, memperluas, serta memperkaya khazanah intelektual muslim dan menjadi salah ssatu pembimbing kehidupan mereka.”


Ketersediaan

16490297.4 SAI aPerpustakaanTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297.4 SAI a
Penerbit LTN NU Jawa Timur dan Diantama : Surabaya.,
Deskripsi Fisik
lxxx, 690 hlm.; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979916883X
Klasifikasi
297.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya